Goa Pindul " Cahaya dari Syurga"

| Kamis, 31 Januari 2013
Kala itu masih pagi, selepas subuh pukul 5.15am kami satu bus akan melakukan long trip menuju Jogja, Kami yang ber-15 ini berencana akan megunjungi tempat-tempat pariswisata yang ada di Jogja, sudah sering sebenarnya di Jogja, namun untuk tujuan kali ini kami memang belum pernah mengunjunginya, yakni Goa pindul, yang terletak di Padukuhan Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul , Goa yang di dasar permukaannya ini berupa air yang mengalir (sungai) ternyata lebih menarik hati kami dari pada tempat-tempat seperti candi, yupp... Sebuah goa yang bila di susuri ini bisa mencapai 1 jam lebih memang tergenangi oleh air, sehingga ketika menelusuri goa ini harus memakai peralatan renang seperti, ban, pelampung, senter, dll, mengapa senter?? Kata beliau bapak pemandu goa kemarin, gua Pindul memang terbagi menjadi 3 zona, zona yang pertama, zona terang, lalu zona remang dan zona gelap abadi, nah di zona gelap abadi ini, keadaan goa memang gelap tottal, tak ada cahaya matahari yang masuk, sehingga di perlukan senter guna berjaga-jaga kalau nantinya terjadi sesuatu.


Gua yang memiliki panjang 300 meter, lebar 5 meter serta kedalaman air 5 meter ini memang tergolong goa yang unik, pasalnya di dalam gua ini banyak sekali pengetahuan yang bisa diambil selagi kita menyusuri di bawah terowongan gua, seperti aktivitas cavetubing, stalaktit dan stalagmit yang masih aktif serta hiasa tirai dan kristal yang menjuntai menawarkan keindahannya, bahkan ada mitos bahwa apabila seorang gadis melewati kristal yang menjuntai dan terkena tetesan airnya maka si gadis ini dipercayai bakal menjadi lebih cantik, begitulah, entah ini beneran apa enggak, saya juga kurang tau, lagian saya kemaren juga terkena tetesannya, bsa jadi dong nantinya bakalan menjadi cantik.. hehee :P ,just kidding. :D


Setelah beberapa menit menyusuri sisi gua maka nantinya akan sampai di tempat dimana gua memiliki tempat terbuka di mana sinar matahari bisa masuk ke gua, nah dibagian ini nih gua sering disebuat sebagai gua yang mimiliki cahaya dari syurga :D tapi beneran bagus kok,,, subhanallah sekali bisa memiliki kesempatan untuk menikmati cahaya dari dalam gua. Nah di tempat ini juga, rombongan bisa berhenti sejenak, memberi ruang bagi peserta untuk renang atau pun meloncat dari sisi gua dan terjun di air, di sini saya juga mencoba sampai dua kali terjun... enak soalnya bisa terjun bebas dari tebing sisi gua... kapan-kapan lagi kalau di beri kesempatan ke sini lagi, saya pastikan untuk terjun lagi hehe...




Setelah beberapa menit, rombongan bisa melanjutkan perjalanan menuju tempat keluar, selesai sudah perjalanan menyusuri gua ini, namun rasanya kurang lengkap... apa yaa....?? yaap.. kurang lengkap kalau ndak ada kamu :P

3 komentar:

{ Unknown } at: 19 Mei 2013 pukul 12.14 mengatakan...Reply

wkwkwk :D
sangat berkesan T.T

{ goa pindul } at: 25 Mei 2013 pukul 21.55 mengatakan...Reply

Trimkasih atas kunjungannya di goa pindul, kami tunggu kunjungan selanjutnya..:)

{ Unknown } at: 28 Agustus 2013 pukul 14.22 mengatakan...Reply

yup d tanbah lgi dg keramahan penduduk sekitar. jdi ingin balik lgi kesana.
#Papan arah ke pindul.dr kota jogja di perbnyak lgi dunk. biar mudah carinya klo.pake sewa motor

Next Prev
▲Top▲