Yang Keren Yang Mentoring

| Rabu, 23 Mei 2012
“Mentoring”, apakah itu?
Apakah penting?
Apa manfaatnya bagi kita?
Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang berasal dari orang-orang awam yang belum mengetahui tentang mentoring dan juga belum pernah mengikutinya. Namun yang sudah tahu dan pernah mengikutinya, ada juga beberapa yang masih kurang begitu tertarik, mungkin karena belum ada panggilan jiwa yang membuatnya sadar akan pentingnya mentoring agama islam. Atau mungkin karena baru saja mengikuti dan belum terbiasa dan belum bisa menikmatinya sehingga masih belum dapat mendapatkan hikmah mentoring.
Mentoring itu berlangsung dalam suatu kelompok kecil untuk berdiskusi. Namun diskusi itu berlangsung secara rutin karena keterkaitan orang-orang yang ingin belajar tentang Islam. Di dalam mentoring, disampaikan pemahaman dasar tentang Islam, di antaranya : mengenal Allah, mengenal Rasul, megenal Al-Quran, mengenal akhlak dan mengenal dunia Islam. Di dalam mentoring terjadi transfer pengetahuan, baik dengan cara berdiskusi maupun dengan cara belajar bersama.
Untuk menjadi seorang mentor, seseorang tidak memerlukan gelar tertentu. Yang dibutuhkan hanyalah pengalaman dan pengetahuan yang lebih, agar bisa membimbing seseorang menjadi lebih baik. Berbeda dengan seorang guru atau bahkan dosen, yang memerlukan pendidikan dan gelar tertentu agar bisa mengajar dalam suatu lembaga pendidikan. Selain itu mentoring juga tidak dikenakan biaya (gratis). Sehingga kita sudah termasuk sangat untung, karena kita bisa menambah pengetahuan kita tanpa mengeluarkan biaya. Sedangkan kalau kita belajar dalam suatu lembaga pendidikan, kita masih dapat dikenaka biaya. Bahkan setiap tahun biayanya semakin mahal, walaupun sudah mendapat bantuan dari pemerintah tapi masih ada beberapa orang masih sangat terbebani, terutama bagi yang perekonomian keluarganya masih tergolong kurang.   
Tapi, sayangnya kebanyakan orang masih memandangnya hanya dengan sebelah mata saja. Menganggap bahwa mentoring itu tidaklah penting, membosankan dan hanya buang-buang waktu saja. Apa lagi pada jaman sekarang, kebanyakan anak muda kurang begitu tertarik pada sesuatu yang berbau religius, karena di anggapnya membosankan, menjenuhkan. Namun hal tersebut tidak terlihat di PGSD FIP UNNES, buktinya kemarin pada saat dilaksanakan Stadium General oleh TPAI, banyak sekali partisipasi dari para mahasiswa. Ya... mungkin ada juga yang ikut karena memang di wajibkan.
Dalam stadium general tersebut telah dibentuk kelompok-kelompok dengan mentornya masing-masih. Kemudian setelah dibentuk kelompok tersebut, sekarang diadakan mentoring secara  rutin tiap minggu sekali. Mungkin masih ada juga mahasiswa yang masih terpaksa mengikuti mentoring tersebut karena tuntutan dari dosennya. Namun walaupun demikian masih ada harapan agar setelah terbiasa mengikuti mentoring tersebut mahasiswa yang tadinya terpaksa mengikutinya bisa menjadi menikmatinya. Semoga saja yang menyadari akan pentingnya mentoring menjadi semakin bertambah setiap waktunya. Sesungguhnya dalam beribadah, Allah tidak akan merasa bosan sampai kita bosan.


Jadi “Yang Keren Yang Mentoring” :D

0 komentar:

Next Prev
▲Top▲